Menu
+6281252436345

5 Teknologi yang Bakal Gantikan Password Di Masa Depan

0 Comments


Password adalah sandi yang sangat diperlukan untuk memastikan agar akun dan data pribadi tidak bocor pada orang lain atau peretas sekalipun. Semakin rumit kombinasi password, semakin aman pula akun si pengguna tetapi akan sulit untuk mengingatnya. Hal ini disadari oleh perusahaan teknologi yang mencoba menggantikan password dengan teknologi lain yang lebih mudah. Adapun lima teknologi lain yang dikembangkan perusahaan untuk menggantikan keberadaan password, penasaran? Berikut diantaranya,

Pengenalan Detak Jantung

Sama halnya dengan sidik jari, detak jantung setiap manusia berbeda-beda. Sehingga hal ini bisa digunakan untuk verifikasi identitas seseorang melalui pendeteksi electrocardiogram (EKG) yang tepat. Salah satu gadget yang bisa mengimplementasikannya adalah Nymi Band, sebuah wearable yang memonitor detak jantung pemakainya untuk melakukan autentikasi.

Selfie

Ide ini sudah sangat populer dan diuji berbagai perusahaan, perangkat digunakan untuk memotret wajah pengguna dengan teknologi pengenalan wajah yang bisa dilihat kecocokan antara wajah pada data yang disimpan perangkat.

Baca juga ya: Percaya Nggak? 7 Bidang Berbeda Ini Menerapkan Teknologi Augmented Reality Lho!

Iris Scanner

Iris scanning atau pemindai iris pada bola mata merupakan imajinasi dalam film-film, dan perkembangan teknologi pun membuatnya menjadi kenyataan. Setiap manusia, memiliki iris mata dengan warna berbeda mengelilingi pupil. Sehingga iris bisa menjadi tanda pengenalan seseorang, dan Samsung Galaxy Note 7 telah mengusung teknologi ini.

Pembaca Bibir

Sebuah tim ilmuwan di Hong Kong Baptish University telah menciptakan software pemindai yang mampu membaca bagaimana seseorang mengucapkan kata-kata tertentu. Sehingga metode ini sangat ampuh sebagai teknologi pengganti password. Keren bukan?

Pengenalan Suara

Saat ini kian banyak perusahaan menggunakan perangkat lunak pengenalan suara sebagai alternatif mengautentikasi pelanggan mereka. Salah satu yang menerapkan teknologi ini adalah Bank HSBC.

Tags: ,